Percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah) tentang Perkenalan (Ta’aruf)

Percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah) tentang Perkenalan (Ta’aruf)
Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
Salah satu fungsi dari bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Begitu pula dengan bahasa Arab, biasa digunakan dalam berkomunikasi. Nah agar bisa berkomunikasi bahasa Arab, kita harus belajar sedikit demi sedikit. Pada pelajaran kali ini, kita akan belajar memperkenalkan diri dan juga bertanya tentang nama, kabar dan asal.
Percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah) tentang Perkenalan (Ta’aruf)
Berikut ada contoh muhadatsah sederhana tentang ta’aruf atau perkenalan.
1. Muhadatsah perkenalan antar dua laki-laki
أحمد: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ
Ahmad: Assalamu ‘alaykum
عرفان: وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ
Irfan: Wa’alaykumus salam
أحمد: اِسْمِيْ أَحْمَدُ، مَا اسْمُكَ؟
Ahmad: Nama saya Ahmad, siapa namamu?
عرفان: اِسْمِيْ عِرْفَانُ
Irfan: Nama saya Irfan
أحمد: كَيْفَ حَالُكَ؟
Ahmad: Bagaimana kabarmu?
عرفان: بِخَيْرٍ، وَالْحَمْدُ لِلهِ. وَكَيْفَ حَالُكَ، أَنْتَ؟
Irfan: Baik, Alhamdulillah. Dan kamu, bagaimana kabarmu?
أحمد: بِخَيْرٍ، وَالْحَمْدُ لِلهِ
Ahmad: Baik, Alhamdulillah
عرفان: مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟
Irfan: Kamu berasal dari mana?
أحمد: أَنَا مِنْ بَاكِسْتَان
Ahmad: Saya dari Pakistan
عرفان: هَلْ أَنْتَ بَاكِسْتَانِي؟
Irfan: Apakah kamu orang Pakistan?
أحمد: نَعَم, أَنَا بَاكِسْتَانِي. وَمَا جِنْسِيَّتُكَ أَنْتَ؟
Ahmad: Iya, saya orang Pakistan. Kalau kamu, apa kewarganegaraanmu?
عرفان: أَنَا تُرْكِيٌّ. أَنا مِنْ تُرْكِيا
Irfan: Saya orang Turki, saya dari Turki
أحمد: أَهْلًا وَسَهْلًا
Ahmad: Selamat datang
عرفان: أَهْلًا بِكَ
Irfan: Selamat datang juga
2. Muhadatsah perkenalan antar dua perempuan
مريم: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ
Maryam: Assalamu ‘alaykum
خَدِيْجَة: وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ
Khadijah: Wa’alaykumus salam
مريم: اِسْمِيْ مَرْيَمُ، مَا اسْمُكِ؟
Maryam: Nama saya Maryam, siapa namamu?
خَدِيْجَة: اِسْمِيْ خَدِيْجَة
Khadijah: Nama saya Khadijah
مريم: كَيْفَ حَالُكِ؟
Maryam: Bagaimana kabarmu?
خَدِيْجَة: بِخَيْرٍ، وَالْحَمْدُ لِلهِ. وَكَيْفَ حَالُكِ، أَنْتِ؟
Khadijah: Baik, Alhamdulillah. Dan kamu, bagaimana kabarmu?
مريم: بِخَيْرٍ، وَالْحَمْدُ لِلهِ
Maryam: Baik, Alhamdulillah
خَدِيْجَة: مِنْ أَيْنَ أَنْتِ؟
Khadijah: Kamu berasal dari mana?
مريم: أَنَا مِنْ مِصْر
Maryam: Saya dari Mesir
خَدِيْجَة: هَلْ أَنْتِ مِصْرِيَّة؟
Khadijah: Apakah kamu orang Mesir?
مريم: نَعَم, أَنَا مِصْرِيَّة. وَمَا جِنْسِيَّتُكِ أَنْتِ؟
Maryam: Iya, saya orang Mesir. Kalau kamu, apa kewarganegaraanmu?
خَدِيْجَة: أَنَا سُوْرِيَّة. أَنا مِنْ سُوْرِيَا
Khadijah: Saya orang Suriah, saya dari Suriah
مريم:  أَهْلًا وَسَهْلًا
Maryam: Selamat datang
خَدِيْجَة: أَهْلًا بِكَ
Khadijah: Selamat datang juga
============
Hiwar di atas terinspirasi dari buku Arabiyyah Baina Yadaik.
Semoga bermanfaat.