Mengapa Syukran (شكرا) Dijawab Afwan (عفوا)

Mengapa Syukran (شكرا) Dijawab Afwan (عفوا)
KENAPA SYUKRAN DI JAWAB AFWAN :

Kenapa di dalam bahasa Arab orang berterima kasih dengan mengucapkan kata SYUKRAN (شكرا) kok di jawabnya AFWAN (عفوا). Jawabannya adalah karena ada makna yang terkandung di dalamnya.
Mengapa Syukran (شكرا) Dijawab Afwan (عفوا)

Makna 1
Kata AFWAN bermakna ZIYADAH (tambahan) maksudnya saat kita ucapkan SYUKRAN,  maka kita jawab AFWAN artinya...
 هذاالعمل الذي فعلته قليل فا طلب منك العفو
Perbuatan yang ku lakukan ini sedikit/kecil karena itulah aku minta kepada anda Tambahan (Afwu).

Makna 2
Kata AFWAN bermakna TARKU (meninggalkan)
عفوت عنك عفوا لاني لااستحق الشكرا
Artinya
Saya tinggalkan dirimu karena saya tidak berhak atas ucapan trima kasih mu.

Makna 3
Kata AFWAN bermakna THOLAB (menuntut)
اعتفيتك إذا طلبت معر وفك و فضلك
Artinya
Saya meminta dan memohon kebaikan anda (atas trima kasih anda kepada saya)

Makna 4
Kata AFWAN bermakna FADHL (Keutamaan) yangdi berikan tanpa di minta.
اعطيتك عفوا من غير مسألة منك
Artinya
Saya berikan keutamaan tersebut tanpa perlu Anda minta (maksudnya yang saya kerjakan itu murni bantu tidak usah minta saya kerjakan).

Makna 5
Kata AFWAN bermakna MAAF.
Seakan di katakan
عفوت عنك عفوا
Saya mohon maaf (karena saya tidak berhak di beri ucapan trima kasih namun Allah lah yang berhak).

Semua makna itu intinya sama yaitu sebagai bentuk TAWADHU (kerendahan hati) saat kita di beri ucapan trima kasih karena kita memang tidak layak menerimanya.
Wallahu a'lam