Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)
Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)
2 min read
Teknik Pembelajaran Istima’ Bahasa Arab
Untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan menyimak dan agar pembelajarannya menarik, ada beberapa teknik yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar.Teknik-teknik itu antara lain sebagai berikut ini:
Simak ulang-ucap
Teknik simak-ulang ucap digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa dengan pengucapan atau lafal yang tepat dan jelas. Guru dapat mengucapkan atau memutar rekaman buyi bahasa tertentu seperti fonem, kata, kalimat, idiom, semboyan, kata-kata mutiara, dengan jelas dan intonasi yang tepat. Siswa menirukan. Teknik ini dapat dilakukan secaea individual, kelompok, dan klasikal.Identifikasi kata kunci
Teknik identifikasi kata kunci dilakukan oleh dengan cara meminta siswa mencari kata atau kalimat inti dari sebuah cerita minimal satu hingga dua paragraf. Kalimat inti itu dapat dicari melalui beberapa kata kunci. Kata kunci itulah yang mewakili pengertian kalimat.Parafrase
Teknik parafrase dilakukan dengan oleh guru dengan cara menyiapkan sebuah puisi kemudian dibacakan atau diperdengarkan. Setelah menyimak siswa diharapkan dapat menceritakan kembali isi puisi tadi dengan kata-katanya sendiri.Merangkum
Teknik merangkum dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak. Setelah selesai menyimak siswa disuruh membuat rangkuman.Identifikasi kalimat topik
Teknik identifikasi topik dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak. Setelah selesai menyimak siswa disuruh mencari kalimat topiknya.Setiap paragraf dalam wacana minimal mengandung dua unsur yaitu: (a) kalimat topik, (b) kalimat pengembang. Posisi kalimat topik dapat di awal, tengah, dan akhir. Kalimat topic dan kalimat pengembang itulah yang harus dicari oleh siswa.
Posting Komentar