Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)

Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)
Teknik Pembelajaran Istima’ Bahasa Arab
Untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan menyimak dan agar pembelajarannya menarik, ada beberapa teknik yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar.

 
Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)


Teknik-teknik itu antara lain sebagai berikut ini:

Simak ulang-ucap

Teknik simak-ulang ucap digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa dengan pengucapan atau lafal yang tepat dan jelas. Guru dapat mengucapkan atau memutar rekaman buyi bahasa tertentu seperti fonem, kata, kalimat, idiom, semboyan, kata-kata mutiara, dengan jelas dan intonasi yang tepat. Siswa menirukan. Teknik ini dapat dilakukan secaea individual, kelompok, dan klasikal.

Identifikasi kata kunci

Teknik identifikasi kata kunci dilakukan oleh dengan cara meminta siswa mencari kata atau kalimat inti dari sebuah cerita minimal satu hingga dua paragraf. Kalimat inti itu dapat dicari melalui beberapa kata kunci. Kata kunci itulah yang mewakili pengertian kalimat.

Parafrase

Teknik parafrase dilakukan dengan oleh guru dengan cara menyiapkan sebuah puisi kemudian dibacakan atau diperdengarkan. Setelah menyimak siswa diharapkan dapat menceritakan kembali isi puisi tadi dengan kata-katanya sendiri.

Merangkum

Teknik merangkum dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak. Setelah selesai menyimak siswa disuruh membuat rangkuman.

Identifikasi kalimat topik

Teknik identifikasi topik dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak. Setelah selesai menyimak siswa disuruh mencari kalimat topiknya.
Setiap paragraf dalam wacana minimal mengandung dua unsur yaitu: (a) kalimat topik, (b) kalimat pengembang. Posisi kalimat topik dapat di awal, tengah, dan akhir. Kalimat topic dan kalimat pengembang itulah yang harus dicari oleh siswa.

Menjawab pertanyaan

Teknik menjawab pertanyaan dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak. Setelah siswa selesai menyimak, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa.

Bisik berantai

Teknik bisik berantai ini dapat dilakukan oleh guru dengan cara membisikkan pesan kepada siswa pertama dan dilanjutkan kepada siswa berikutnya sampai siswa terakhir. Siswa terakhir harus mengucapkannya dengan nyaring. Tugas guru adalah menilai apakah yang dibisikkan tadi sudah sesuai atau belum. Jika belum sesuai, bisikan dapat diulangi, jika sudah sesuai bisikan dapat diganti dengan topik yang lain.

Menyelesaikan cerita

Teknik menyelesaikan cerita ini dapat dilakukan oleh guru dengan cara memperdengarkan suatu cerita kepada siswa sampai selesai. Setelah siswa selesai menyimak, guru menyuruh seseorang untuk menceritakan kembali dengan kata-katanya sendiri. Sebelum selesai bercerita, guru menghentikan cerita siswa tadi dan menggantikan dengan siswa lain yang bertugas menyelesaikan cerita kawannya, begitu seterusnya sehingga cerita itu berakhir seperti yang disimaknya.